8 Alasan Utama Pentingnya Melakukan Pencatatan Keuangan Dalam Bisnis Anda


Pencatatan keuangan dalam bisnis menjadi satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Apalagi jika Anda merupakan seorang pebisnis, hal ini tentu sangat perlu dilakukan demi mengembangkan usaha Anda.

Anda perlu memiliki catatan keuangan yang baik untuk memantau kemajuan bisnis Anda. Catatan dapat menunjukkan apakah bisnis Anda membaik, item mana yang terjual, atau perubahan apa yang perlu Anda lakukan. Catatan yang baik dapat meningkatkan kemungkinan kesuksesan bisnis.

Perusahaan Anda dapat tumbuh menjadi perusahaan yang sukses hanya ketika keuangan dan akuntansi Anda ditangani dengan benar. Menjaga pencatatan keuangan dalam bisnis yang akurat sangat penting untuk bisnis apa pun. Ini membantu Anda menyiapkan anggaran bisnis yang berjalan dan mengajukan pengembalian pajak.

Dengan catatan keuangan terbaru, Anda dapat membuat keputusan keuangan yang baik, tetap teratur, melindungi diri dari potensi kerugian atau ancaman, mencari peluang, dan membangun kepercayaan dengan pelanggan dan investor. Kegagalan untuk memperbarui catatan dapat menandai bisnis Anda sebagai penipuan paling buruk dan akhirnya membayar denda.

Pemilik bisnis menghabiskan sebagian besar waktu berurusan dengan kegiatan inti. Mempekerjakan seorang akuntan dapat memecahkan masalah.

Baca Juga : 6 Pilihan Metode Sales Forecasting Terbaik dalam Memprediksi Keuntungan Bisnis

Kenapa Anda Harus Melakukan Pencatatan Keuangan dalam Bisnis?


Setiap bisnis yang sukses harus memiliki basis yang kuat, dan akuntansi memastikan stabilitas. Akuntansi untuk semua bisnis sangat penting, tidak peduli apa yang Anda lakukan atau apa yang Anda jual, tetapi pemahaman tentang status keuangan secara teratur dan memenuhi kewajiban hukum dan pajak Anda adalah suatu keharusan. Strategi pencatatan yang baik akan membantu Anda mengekstrak manfaat berikut:

  • Secara teratur memantau pertumbuhan bisnis Anda secara keseluruhan
  • Membantu Anda menyusun strategi kebijakan bisnis yang berorientasi pasar
  • Identifikasi sumber pendapatan dan melacak pengeluaran yang dapat dikurangi
  • Penandaan keputusan yang lebih cepat dan efisiensi kerja yang lebih tinggi
  • Memungkinkan Anda mencapai kepatuhan terhadap peraturan yang lengkap
  • Lindungi catatan yang sangat diprioritaskan dari bencana alam.

Pencatatan, juga dikenal sebagai pembukuan, adalah proses pencatatan transaksi dan peristiwa bisnis dalam buku besar manual atau digital. Berikut adalah 8 alasan utama mengapa Anda harus menjaga pencatatan keuangan dalam bisnis agar tetap akurat.

1. Menyusun Laporan Keuangan yang Valid

Anda harus memastikan bahwa Anda sudah melakukan dan menganalisis catatan keuangan bulanan atau triwulan. Jika data asli tidak akurat, Anda akan menyesatkan perusahaan dengan citra kinerja bisnis palsu.

Misalnya, jika Anda telah membuat kesalahan dalam mencatat penjualan atau tidak mencatat tagihan dari pemasok, apakah laporan laba rugi Anda akan mengungkapkan skenario yang sebenarnya? Tentu saja tidak demikian.

2. Ketahui Situasi Keuangan Anda yang Sebenarnya

Pencatatan keuangan dalam bisnis ini melacak pendapatan, pengeluaran, laba, kerugian, ekuitas, kewajiban, aset, dll. Semuanya penting untuk mendeteksi posisi dan kinerja keuangan bisnis. Memperbaruinya tepat waktu memberi Anda gambaran akurat tentang keuangan Anda.

3. Kontrol Arus Kas

Sebagai pemilik bisnis, Anda perlu menangani banyak pengeluaran, termasuk membayar kreditor dan karyawan Anda, pembayaran pemasok yang luar biasa, membeli peralatan atau perlengkapan kantor, dll. Anda akan bangkrut jika Anda tidak memiliki catatan akurat tentang semua pengeluaran Anda. Bisnis harus memeriksa rasio pendapatan dan pengeluaran mereka, membuat anggaran, dan menaatinya.

4. Siapkan Pengembalian Pajak

Perusahaan harus menyiapkan pengembalian pajak mereka pada akhir tahun keuangan. Jika pencatatan keuangan dalam bisnis Anda akurat dan diperbarui, mengajukan pengembalian pajak tidak akan memusingkan. Bahkan seorang akuntan dapat melihat kelayakan Anda untuk memanfaatkan tunjangan dan pengurangan bebas pajak dengan melihat angka-angkanya.

5. Mengumpulkan Dana Menjadi Mudah

Ketika Anda mencari investor, mereka akan melihat ke dalam keuangan bisnis. Menyimpan catatan yang akurat membantu Anda membuat laporan keuangan asli.

Mereka memberikan wawasan tentang bagaimana kinerja bisnis Anda dan memperkirakan bagaimana Anda akan menghadapi situasi yang merugikan di masa depan. Jika investor puas dengan angka Anda, peluang mendapatkan dana akan meningkat.

6. Membuat Keputusan Keuangan yang Sehat

Lembar pencatatan keuangan dalam bisnis yang akurat adalah jendela untuk kinerja bisnis Anda untuk periode tertentu. Ini membantu Anda memahami di mana harus melakukan perbaikan, mencari peluang, menemukan perbedaan, membutuhkan anggaran, dll. Dengan data yang benar, Anda dapat menyiapkan rencana untuk menghadapi situasi sekarang atau masa depan dan membuat keputusan keuangan.

7. Menjaga Hubungan Baik dengan Supplier

Jika Anda tidak membayar pemasok tepat waktu, Anda akan segera kehilangan mereka. Menyimpan catatan hutang dagang yang akurat memungkinkan Anda melacak semua utang Anda kepada pemasok, memahami kapan harus membayarnya, dan menghemat waktu pemasok dalam mengirimi Anda pengingat pembayaran.

Apalagi jika Anda baru memulai bisnis Anda, sulit bagi Anda untuk menemukan pemasok yang cocok di hari-hari awal, dan kehilangan mereka adalah yang terburuk.

8. Selesaikan Pertanyaan Pelanggan Terkait Keuangan

Dalam bisnis, setiap menit sangat berharga, dan menyediakan layanan pelanggan tidak dapat dihindari. Jika catatan Anda akurat dan terorganisir dengan baik, Anda dapat dengan cepat menjawab pertanyaan pelanggan terkait keuangan.

Mereka tidak akan menunggu berhari-hari sampai Anda menemukan tagihan asli sebelum menyebarkan kata-kata buruk tentang kesalahan Anda dalam mengurus bisnis Anda.

Setelah mengetahui pentingnya melakukan pencatatan keuangan dalam bisnis Anda, Selanjutnya Anda harus mengetahui bagaimana cara menyimpan catatan keuangan yang akurat. Berikut adalah bagaimana Anda dapat menyimpan catatan yang akurat.

  • Perbarui catatan keuangan tepat waktu. Anda harus menambahkan transaksi apa pun di lembar segera ketika itu terjadi. Pemilik bisnis memiliki tanggung jawab besar yang dapat mencegah catatan menumpuk di atas meja. Karena jika itu terjadi hasilnya menjadi sulit untuk menemukan setiap tagihan dan mencatatnya.
  • Pisahkan keuangan bisnis dan pribadi. Kebanyakan bisnis melakukan kesalahan dalam mencatat catatan keuangan ketika mereka membayar pengeluaran bisnis dengan dana pribadi atau sebaliknya.
  • Gunakan perangkat lunak. Setiap perusahaan perlu menyiapkan sistem pembukuan untuk tahun-tahun awal sampai berikutnya. Anda dapat menggunakan perangkat lunak akuntansi yang tepat yang sesuai dengan kegiatan sehari-hari Anda alih-alih menyimpan catatan kertas. Penghitungan otomatis memastikan akurasi, dan penyimpanan data online memungkinkan aksesibilitas sepanjang waktu dan menjaga catatan Anda tetap aman.
  • Dapatkan pakar. Pemegang buku dan akuntan dapat membantu Anda menyimpan catatan keuangan yang akurat sejak awal. Para ahli ini membantu Anda dalam melacak, mencatat, mengelola, dan memperbarui data keuangan pada lembar, menawarkan layanan akuntansi penting lainnya.

Apa pun cara yang Anda pilih untuk mencatat transaksi, pastikan itu benar. Menggunakan angka menarik yang tidak sesuai dengan angka bisnis yang sebenarnya akan memengaruhi reputasi Anda dan mengurangi peluang mendapatkan dana atau mendirikan bisnis yang sukses. Setiap perusahaan harus membuat rencana yang tepat sebelum melangkah ke pasar.

Sekarang setelah Anda memahami pentingnya pencatatan keuangan dalam bisnis yang akurat dan cara menyimpannya, Anda harus mengadopsi praktik ini untuk hari esok yang lebih baik! Tidak perlu mempekerjakan profesional atau melakukan outsourcing ketika Anda mengetahui fungsionalitas sistem akuntansi dan jelas dengan dasar-dasarnya.

Baca Juga : Apa Saja Keuntungan Menggunakan Aplikasi Invoice! Berikut Penjelasannya